Kita kecil karena terus berpikir bahwa kita kecil!

7 Nov 2008

Barack Obama! Semua juga tahu bocah keriting itu sekarang presiden Amerika Serikat. Mungkin hampir semua orang juga tahu bahwa dia pernah tinggal di Indonesia. Saya akui bahwa media massa terlalu berlebihan meliput tentang fenomena obama ini. Mungkin juga harapan bahwa ia akan membawa perubahan berarti bagi Indonesia juga terlalu dibesar-besarkan.

Tapi kalau menempatkan informasi bahwa ia pernah tinggal di Indonesia sebagai kenyataan yang sambil lalu, rasanya juga gak bener! Ini saya kutip salah satu postingan blogger yang sering saya baca blognya:

Gw jadi mikir gituh.. yah mana mungkin lah ya faktor jaman dahulu apalagi hanya karena pernah tinggal akhirnya mempengaruhi dia untuk lebih memperhatikan Indonesia dan yang paling buat gw ketawa, akhirnya setelah si Bara Hasibuan menjelaskan panjang lebar, akhirnya news presenternya menyimpulkan, At least Barack Obama tau di mana Indonesia di peta huahahahahahaha ada aja.

Apa iya Indonesia cuma segitunya? Jadi ceritanya kemarin saya nonton acara Biography. Di sana digambarkan bagaimana barack obama tinggal di Indonesia! Diakui sendiri olehnya bahwa kemiskinan di Indonesia kala itu mengetuk hati obama kecil untuk ikut peduli terhadap sesama. Diakui pula oleh adiknya bahwa Pengemis yang datang mengetuk pintu rumahnya di Indonesia waktu itu turut membentuk karakter Obama seperti sekarang.

Lah, kalau Obamanya sendiri dan orang dekatnya mengakui bahwa Indonesia punya peran spesial dalam membentuk Obama! Kenapa kita sebagai bangsa sendiri cuma menilai Obama tahu Indonesia di peta?

Mungkin saja benar bahwa kebijakan Amerika terhadap Indonesia tidak akan berubah hanya karena ia pernah tinggal di Indonesia! Mungkin pula benar bahwa ia tidak akan membuat kebijakan khusus tentang Indonesia! Tapi rasanya ada yang salah kalau kita menyatakan

At least Barack Obama tau di mana Indonesia di peta

Kita terus menjadi bangsa yang kecil karena kita terus mengecilkan diri kita!


TAGS


-

Author

Search

Recent Post