Efek krisis itu sudah mulai membaik!

30 Apr 2009

Apanya yang membaik? Yah paling tidak disektor bisnis online khususnya untuk paid review. Memang waktu awal kemarin bisnis ngeblog dibayar sempat kena dampak luar biasa dari krisis yang ada di paman sam sana. Order tiba-tiba raib dari para broker. Kalaupun ada nilainya tak lebih dari $3-$5 per ordernya.

Tapi toh sepertinya kondisi ini sudah kembali menemukan titik terang. Walaupun belum seperti pada masa kejayaan di tahun 2007-2008 kemarin, namun sejumlah opportunity mulai hadir kembali di situs-situs para broker itu. Dan nilainya juga udah mulai bikin ngiler. Contohnya bisa dilihat di screenshot di bawah ini:

sponsoredreview

sponsoredreview

Meski begitu mbah gugel yang memang terkenal benci sama posting berbayar itu sepertinya makin mengetatkan pengawasannya. Sementara seperti kita tahu peringkat google masih jadi pertimbangan nomer satu bagi para advertiser untuk memberikan jobnya ada kita. Jadi kondisinya:

Rangking Google tinggi > Job banyak

Job banyak diterima > Ketahuan Google, diberi pinalti penurunan rangking

Rangking Google rendah > Job sepi

Makanya kita harus pintar-pintar menjaga stabilitas rangking dan job yang diterima. Caranya gimana?

1. Jangan hanya konsentrasi di satu blog

Jadi usahakan kita punya beberapa blog. Fungsinya agar ketika satu blog sedang sakit (baca: di penalti google), kita bisa mengistirahatkan dan menyembuhkannya sambil terus cari duit dari blog yang sehat. Dan begitu si sehat sakit, blog yang sudah sembuh sudah siap untuk menjalankan perannya kembali. Begitu seterusnya.

2. Ingat perbandingan 3:1

Tampaknya teori ini masih kuat berlaku. Untuk mempertahakan rangking usahakan untuk membuat 3 posting tidak berbayar untuk setiap satu posting berbayar. Katanya dengan begitu google masih sedikit memaafkan blog yang menerima job. Lagi pula kalo kita sudah punya pembaca setia khan rasanya gak enak juga kalo isi blognya iklan melulu.

Kecuali kalo emang kita mau genjot penghasilan dan sudah sadar dengan resiko penurunan rangking ini (macam si paman gober yang lagi gila-gilaan terima job tapi sadar resiko di turunkan rangkingnya oleh google.aje gile6 job matre banding satu yang gak berbayartarik maaanggg!! Wkwkwkwk.)

3. Jangan lupa nyari backlink

Namanya nge-blog yah jangan lupa juga jalin persahabatan supaya bisa dapet backlink. Blogwalking ke blog-blog yang dofollow. Atau yah kalo nggak duitnya disisihkan buat beli backlink.

4. Plugin nakal

Semua tahu kebencian google kepada review berbayar adalah karena merusak algoritma perhitungan mereka. Pasalnya link dofollow yang kita berikan itu akan mengacaukan sistem perhitungan mereka. Sementara Beberapa broker mengharuskan kita untuk me-link secara dofollow untuk setiap review yang berbayar tadi. Disinilah fungsi plugin satu ini. Bagaimana cara menggunakannya?

Lakukan review secara biasa, tentunya berikan link secara dofollow supaya review kita diterima. Lakukan tiga langkah di atas untuk mempertahankan rangking, kalau ternyata gagal dan suatu hari teman-teman menemukan blognya di pinalti. Aktifkan plugin ini yang secara otomatis akan me-nofollow-kan semua link yang keluar dari blog kita. Dan berhubung update google tidak lagi pertiga bulan, biasanya Rangking kita akan naik kembali selang waktu yang tak terlalu lama. Begitu kembali membid penawaran ke broker non aktifkan lagi plugin ini. Dan begitu seterusnya. Ini pluginnya!

PS: abis ini, disini ada posting iklan yah… :D dan kontes kampanye damai pemilu indonesia 2009 udah selesai nih. :D


TAGS


-

Author

Search

Recent Post