Alternatif cari uang lewat blog

29 Jul 2009

Setelah kemarin liburan panjang, kini saatnya kembali ke kehidupan normal. Kalau kemarin ngabisin duit sekarang kerja rodi lagi cari duit. Beberapa waktu lalu saya membeberkan cara mendapatkan $100 lewat blogdetik yang tentunya bisa juga diterapkan di blog-blog lain. Sekarang giliran beralih ke cara lainnya.

Yaitu lewat affiliate marketing. Apa itu? Jadi affiliate marketing atau bisa kita sebut afiliasi itu secara pengertian hariafnya adalah sebuah metode dimana kita (sebagai blogger atau pemilik website) dibayar oleh pemilik produk tertentu untuk setiap pengunjung, subscriber atau pembeli yang kita datangkan. Mudahnya kita jadi salesnya produk tertentu deh.

Gimana caranya? Biasanya para produsen produk-produk itu akan memberikan kita link atau kode-kode tertentu khusus untuk kita. Jadi setiap pembeli yang dating dari kita bisa terlacak dan tercatat. Kita gak perlu mengurusi proses penjualannya, pengiriman barangnya, stock, dll. Pokoknya cukup bikin tulisan dan mendatangkan pengunjung.

Waduh tapi saya gak jago jualan tuh? Nah, disini enaknya. Karena blog punya kita tentunya kita bisa menyesuaikan bahasa sesuai dengan gaya bahasa kita sendiri. Bisa saja kita hanya menceritakan sesuatu yang kita suka tentang produk itu hingga orang tertarik membeli. Tentunya selain itu kita juga bisa memilih produk sesuai yang kita suka.

Dimana cari produsen yang punya program affiliate marketing? Banyak banget! Coba cari di google. Mulai dari barang elektronik, baju, sampai buku-buku. Ada yang produk luar negeri macam amazon untuk buku misalnya sampai yang lokal seperti kutubuku.com. Ada biayanya? Tenang daftar afiliasi itu.gratististiss!!

Gimana memulainya? Nah, berhubung saya juga punya produk afiliasi sendiri, gimana kalo temen-temen memulainya dengan mendaftar di jaringan afiliasi.lessthanthirteen.com milik saya. (huhehehe..sekalian promosi nih!). Jadi jaringan afiliasi ini adalah untuk para affiliate produk-produk lessthanthirteen.com

Apa itu lessthanthirteen.com? Intinya online store itu menjual produk yang hanya diproduksi sebanyak kurang dari 13 buah di seluruh dunia. Sebagai affiliate marketing, temen-temen nantinya akan diberikan kode diskon yang bisa digunakan untuk belanja semua produk di online store itu.

Jadi teman-teman bisa cerita tentang lessthanthirteen.com dan tentunya mempromosikan kode voucher unik yang memberikan potongan harga 10% untuk tiap pembelian. Terus saya dapat apa? Temen-temen juga dapat 10% dari seluruh nilai transaksi. Contohnya bisa saja bilang begini:

eh ada online store yang konsepnya unik loh, barangnya Cuma ada maksimal 12 buahblablabla.kalau tertarik beli nih saya punya kupon diskonnya, masukin ajah kode BUDI01(*misalnya)nanti teman-teman akan mendapatkan potongan 10% loh!

Nantinya jika kode BUDI01 itu adalah punya si A misalnya. Maka setiap orang yang beli dengan kode potongan harga BUDI01, pembeli yang menggunakan kode mendapat diskon 10% sementara si A yang pemilik kode diskon akan otomatis mendapat 10% dari nilai transaksi.

Apa calon customernya banyak? Okeh, sebagai gambaran dalam sepekan pertama sejak di launching online store itu sudah mencatat penjualan lebih dari Rp10 juta. Hanya dari satu penjual dalam sepekan. Berarti kalau 10%? Lumayan khan.

Gimana detailnya? Masih bingung? Ya sudah next post saya akan jelaskan lebih detail soal afiliasi secara umum dan khususnya afiliasi.lessthanthirteen.com. Tapi kalau teman-teman mau mendaftarkan blognya duluan silahkan saja kunjungi web afiliasi-nya.

PS: Pada dasarnya afiliasi.lessthanthirteen.com menerima segala jenis blog dan website sejauh isinya gak aneh-aneh (pornografi, SARA, program-progam berbau penipuan, website dummy, dll) dan tentunya blognya sudah eksis minimal tiga bulan yah. Kalau postingnya baru satu atau dua silahkan diupdate lebih dulu. Dan mohon bersabar untuk approval membershipnya karena waiting listnya juga udah lumayan.


TAGS belajar affiliate marketing


-

Author

Search

Recent Post