Google adsense masih ada?

18 Sep 2009

Kalau ngobrol seputar bisnis online pasti tak bisa lepas dari google adsense. Dan Kalau yang sudah main google adsense dari jaman dulu pastinya merasakan menurunnya penghasilan dari iklan satu ini. Mulai dari menurunnya jumlah dollar per clicknya sampai menurunnya jumlah pengunjung yang mengklik iklannya

Saya sendiri punya blog yang tadinya punya performa lumayan baik dalam menghasilkan dollar lewat adsense. Namun setelah seputar tiga tahun berselang penghasilannya mulai semakin menurun. Hingga terakhir paling cuma bisa dapat satu dollar per bulan.

Saya sendiri memang kurang mengurusnya lagi. Pasalnya nama domainnya gardino.info, siapapun tahu kalau domain yang berakhiran .info kurang disenangi sama mesin pencari macam google. Mau dijual pun sulit bener lakunya. Karena untuk bisnis kurang menguntungkan.

Meski begitu saya selalu memasang fitur perpanjangan kontrak otomatis jadi tuh domain tetep hidup terus. Tanpa terurus oleh empunyanya blog itu tetap saja online. Nah, belakangan ini saya iseng untuk coba mengoptimalisasinya lagi.

Tadinya blog ini bertemakan hubungan cinta-cintaan gitu deh., alias ngobrol soal asmara. Iklan adsensenya di taruh begitu saja di samping (maklum jaman dulu model begini saja sudah bisa menghasilkan). Belakangan ini saya coba ganti templatenya, tapi penempatan adsense pun masih seperti blog umumnya juga. Sayang hasilnya tetep gak berpengaruh banyak, dengan tampilan iklan kayak begini.

160x600

Akhirnya saya coba rombak total. Tema tulisan blog pun saya ganti. Themesnya diubah lagi. Kali ini fokusnya ada pada halaman depan. Disana saya taruh tools yang dihiasi google adsense. Bagaimana hasilnya dengan perubahan ini?

Dengan jumlah pengunjung yang masih alakadarnya, ternyata performanya lumayan baik. Nilai click trough ratenya meningkat. Hasilnya blog yang kini membahas tema ngobrol seputar bisnis online, khususnya membuat wordpress menjadi webstore. sedikitnya kembali bisa menghasilkan sekitar $2-$3 per harinya. Lumayanlah untuk domain .info bertrafik rendah.

Berarti kesimpulannya apa? Adsense (termasuk pula temen-temen yang menggunakan jenis iklan sejenis macam klik saya, kumpul blogger, dll) yang dianggap sebagai cara paling mudah mendapatkan uang dari internet itu sudah tidak seperti dulu lagi. Peselancar diinternet sudah mulai aware dengan keberadaan iklan-iklan ini.

Karena itu rasanya udah gak bisa lagi sekedar menaruh iklan google adsense di sidebar dengan tampilan sederhana dan berharap dapat klik banyak. Kita harus pintar-pintar meramu bentuk tampilan yang tidak biasa untuk tetap dapat menghasilkan dari jenis-jenis iklan macam ini. Lupakan deh tampilan model vertikal dengan jumlah iklan lebih dari dua.Sudah gak mungkin lagi maksimal hasilnya!

Denger-denger detik mau bikin iklan jenis begini? Kapan nih? :D

PS: belum sempet nih mau nulis tentang bisnis afiliasi nanti yah!


TAGS google adsense


-

Author

Search

Recent Post