Copy paste lagi?

5 Oct 2009

Dalam dua minggu belakangan ini saya menemukan artikel-artikel yang masuk posting pilihan di blogdetik yang ternyata hasil copy paste. Pertama kali sih saya lapor ke admin blogdetik, dan kasih bukti lewat copyscape.com Parahnya salah satu poin dalam artikelnya adalah ajakan untuk tidak meng-copy paste artikel orang tanpa ijin (ironis abis). Alhasil postingan itu langsung lenyap dari kategori blog pilihan.

Tapi ternyata bukan cuma sekali itu saya menemukan dalam dua minggu ke belakang. Paling tidak sudah tiga kali lagi saya menemukan artikel hasil copy paste masuk ke blog pilihan. Bedanya yang kedua ketiga ini tidak saya laporkan, soalnya saya mikir siapa sayah polisi bukan, adminnya blogdetik bukan. Dan saya pun masih suka melakukan copy paste walaupun dengan cara yang beda.

Cara yang beda gimana? Sebenarnya permasalahan utama copy paste itu selain masalah moral adalah masalah reputasi blog di mata mesin pencari alias search engine. Mbah google akan memberi pinalti berupa penurunan peringkat blog kita bahkan menghapusnya sama sekali dari daftar mereka jika blog kita mengandung duplicate content alias copy paste. Buat yang nge-blog untuk kesenangan diri sendiri sih gak masalah. Tapi buat blogger matre macam saya segala bentuk reputasi sangatlah penting termasuk dari google.

Kalaupun saya copy paste, biasanya saya melakukannya dengan hati-hati dan berlaku sedikit nakal untuk menghindari hukuman google. Dan saya hanya melakukan copy paste pada blog-blog pendukung saja.

Terus gimana caranya? Jadi saya buka situs www.archive.org. Situs ini menyimpan semua situs bahkan yang sudah tidak ada lagi sekalipun. Termasuk juga sudah tidak ada lagi di search engine. Ambil contoh astaga, portal yang pernah populer dulu. Masukan ke wayback machine dan klik tombol take me back.

waybackmachine

Kita akan dibawa ke halaman-halaman milik astaga jaman dulu yang sekarang sudah tidak ada lagi. Dulunya astaga adalah sebuah portal jadi mengandung banyak sekali berita dan artikel. Kita tinggal nyomot artikel yang mana saja. Tapi untuk memastikan kita harus check lagi apakah benar link tersebut sudah tidak di catat lagi oleh search engine.

Caranya gimana? Nah misalnya saya mengambil artikel tahun 2002. maka alamatnya akan seperti ini:

http://web. archive. org/web/20020409032716/www. astaga. com/hidupgaya/sembari_ngopi/artikel.php?article_id=115896

Sebelum di copas kita harus melihat apakah google masih memasukan artikel tersebut di dalam index mereka atau tidak. Untuk melakukannya maka saya tinggal memasukan di kolom perncarian google seperti ini:

Site:www. astaga. com/hidupgaya/sembari_ngopi/artikel. php?article_id=115896

Lalu klik search. Seandainya sudah tidak terindeks lagi akan keluar hasil did not match with any document. Berarti artikel itu bisa di copy paste dan bebas dari pengawasan mbah google.

Lah tapi itu khan udah lama tahun 2002 apa gak basi? Nah, untuk itu kita perlu memilih artikel yang sifatnya feature dan bukan hardnews. Jadinya tidak lekang oleh waktu dan bisa dipakai setiap saat. For the record, astga gudangnya artikel-artikel feature loh! :D

PS: artikel ini masuk di kategori trick nakal, jadi dah tahu khan bahwa ini sekedar informasi dan bukan berisi anjuran.


TAGS


-

Author

Search

Recent Post