Web 2.0 apaan sih?

21 Jan 2010

Jadi ceritanya dalam perdebatan soal keberadaan dblogger kemarin beberapa kawan akhirnya menggunakan istilah web 2.0. Dalam tulisannya pun eyang akhirnya memasukan istilah ini dalam diskusinya di yahoo messenger. Tapi sebenarnya tahu gak apa yang dimaksud dengan web 2.0 itu?

Saya sih gak mau cerita detailnya secara teknis. Tapi coba kita balik kejaman internet sebelum tahun 2004, waktu itu isi dari internet hanya satu arah. Cuma si pemilik situs yang bisa memberi informasi, sementara pengunjung hanya berlakon sebagai viewer. Konsep inilah yang akhirnya berubah di web 2.0.

Berangkat dari kekurangan web 1.0, yang membatasi pengunjung hanya untuk melihat dan sementara modifikasi konten hanya bisa dilakukan pemilik situs. Web 2.0 akhirnya dibuat friendly interface, jadi pengunjung bisa berkontribusi ke situs.

Web 2.0 diniatkan bisa memunculkan interaksi antara pemilik dan pengunjung. Dengan begitu diharapkan kreativitas lebih didorong sehingga membuat sesuatu yang LEBIH BAIK. Pengunjung bisa memberi masukan dan informasi sehingga menciptakan internet sebagai tempat yang LEBIH BAIK.

Contoh Web 2.0
Masih bingung? Okay, misalnya kita menulis tentang pantaskah Gus Dur diberi gelar pahlawan. Kalau jaman dulu (web 1.0), seandainya tulisan kita tentang Gus Dur itu dibaca orang maka orang itu hanya menerima informasi sepihak dari kita. Tapi sekarang ada ruang diskusi di dalamnya. Orang bisa memberikan komen, mulai dari setuju karena alasan A dan B. Tidak setuju karena alasan C dan D. Setuju tapi soeharto harus jadi pahlawan juga, dan lain-lain. Sehingga ketika tulisan itu makin dibaca orang maka makin lengkap dan makin baik pula informasinya, karena sudah melalui diskusi panjang (lewat komentar) dan proses screening (setuju, tidak setuju, bagus, gak bagus, dll) dari komunitas pembacanya.

Apa berarti hanya sebatas blog saja? Tidak juga. Dalam buku Wikinomics diceritakan ada sebuah perusahaan pertambangan bernama Gold Corp yang kala itu hampir bangkrut dan mau ditutup. Seperti lazimnya perusahaan pertambangan, data-data geologi menjadi hak ekslusif rahasia perusahaan dan tidak boleh bocor ke orang lain. Tapi kemudian CEO perusahaan itu Rob McEwen punya ide lain setelah ia ikut seminar tentang Linux (system operasi open source yang dibangun komunitas). McEwen memutuskan untuk membuat kontes siapa yang bisa menemukan potensi emas dari data-data geologi yang Gold Corp miliki. Ide ini ditentang para geolognya yang terbiasa dengan informasi satu arah.

Mau tahu hasilnya? Para kontestan berhadiah $575.000 itu berhasil mengidentifikasi 110 target tambang emas. Dan ternyata 80% dari seluruh target itu akurat. Yang lebih mengejutkan, ternyata pesertanya variatif dari geolog, mahasiswa pasca srjana, konsultan, ahli komputer matematikawan sampai anggota militer. Ini inti dari web 2.0, menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari masukan bermacam kepala serta latar belakang.

Kesimpulan
Tulisan ini sebenarnya tidak mampu merangkum semua kompleksitas yang ada pada web 2.0. Tapi setidaknya saya hanya ingin memberi gambaran:

  1. Kita harus menyadari betul bahwa sekarang memang web 2.0. Jadi kalau teman-teman punya blog pribadi tapi fasilitas komentarnya di close, berarti?
  2. Web 2.0 itu harus didorong perkembangannya. Hidup di jaman web 2.0 berarti kita harus mendorongnya. Punya blog, berarti kita memang harus mencari pengunjung untuk mengomentari blog kita (berarti alasan gue ngeblog untuk diri sendiri dan peduli amat dengan jumlah pengunjung dan komentar juga udah gak laku), atau misalnya ikut social media networking macam facebook yah harus rajin pula komentar dan di komentari.
  3. Diskusi dan masukan memang sangat penting. Tapi coba deh cari literature manapun tentang Web 2.0 semua pasti mengatakan hal yang sama bahwa diskusi dan penambahan informasi dari banyak kepala walaupun bisa berupa kesepakatan atau debat pertentangan tetapi tujuannya harus satu yaitu membuat konten awal menjadi LEBIH BAIK. Silahkan simpulkan sendiri!

PS: Yang ngobrol sama eyang di YM bukan saya. :D


TAGS web 2.0


-

Author

Search

Recent Post