Apa yang dilakukan pengunjung di blog kita?

22 Jun 2010

Selama ini kita sibuk bicara soal mendatangkan pengunjung. Nah, sebenarnya hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui apa yang dilakukan pengunjung di blog kita. Berapa lama dia di blog kita, Dari halaman mana mereka masuk, dari halaman mana mereka keluar, tempat mana yang paling banyak diklik, dll.

Metode yang bisa mengungkap perilaku pengunjung (visitor) itu disebut dengan web analytics. Saya pribadi biasa menggunakan google web analytics untuk meriset perilaku pengunjung ini. Cuma karena detail web analytics ini banyak banget, jadi gak bisa dijelaskan dalam satu postingan.

Ini saya coba kasih contoh salah satu fungsi webanalytics, perhatikan gambar di bawah, yang saya ambil dari tempat jual kaos online saya.

google web analytics

Gambar apa itu di atas? Jadi gini, laporan itu menunjukan dari sekian banyak jumlah pengunjung, link-link mana saja yang banyak diklik (untuk tampilan ini laporannya dalam prosentase).

Fungsinya apa? Nah, contohnya dari toko online saya itu saya bisa dapat banyak informasi. Misalnya pengunjung banyak mengklik desain yang mana, kategori produk mana yang diminati, range harga berapa yang menarik minat pengunjung, tulisan yang mana yang banyak diklik, dsb.

Apa itu berarti hanya berguna untuk toko online? Nggak dounk, karena fungsinya lebih luas dari itu. Misalnya, kalau kita main google adsense, adcamp, kumpul blogger atau sejenisnya. Kita gunakan analisa ini untuk mengetahui, pengunjung itu banyak mengklik bagian mana di blog kita.

Seandainya misalnya di bagian atas sebelah kanan di sidebar yang banyak diklik. Ya udah kita pindahin iklannya ke sana. Kalau ternyata bagian kiri bawah di dalam postingan, ya pindahin pula iklannya kesana. Jadi kita gak sekedar menaruh iklan gitu ajah. Kita harus mempelajari perilaku pengunjung di blog kita dan optimasi untuk dapat hasil yang maksimal.

Apa hanya untuk monetize? Nggak juga! Misalnya temen-temen cuma nge-blog buat diri sendiri, ya udah gunakan analisa ini untuk mengukur, bagian mana saja yang banyak diklik pengunjung. Tulisan jenis apa yang paling diminati, berapa lama pengunjung di blog kita (apa masuk langsung keluar lagi, gak baca apa-apa), widget mana yang gak pernah diklik dan bisa di eleminasi. Dan masih banyak lagi fungsinya.

Berhubung, pembahasannnya luas banget, lebih baik temen-temen daftar dulu aja kali yah. Nanti kalau sempat saya bahas lagi tentang analytics ini satu per satu.

PS: Untuk yang hosting sendiri, kode analytics bisa ditaruh dibagian head. Sementara untuk blogdetik, kodenya bisa dimasukan di bagian >>setting>>google analytics. :D

Update: Berhubung di komen dan di fb ada yang tanya, khusus untuk pengguna blogdetik yang sudah lama (cirinya adalah tampilannya dashboarnya berbahasa inggris), plugin google analyticsnya gak bisa berfungsi. Jadi cara instalnya adalah dengan mengkopi kode javascriptnya dan di isikan di dalam widget text. Semoga membantu!


TAGS google adsense google web analytics


-

Author

Search

Recent Post