Situs ini membantu kita tetap produktif!

28 Jul 2010

Enak ya, bisa bangun siang, banyak santainya dan gak ada bos yang memarahi!

Rata-rata begitu reaksi kawan ketika tahu aktivitas saya dalam berbisnis online. Pernyataan itu ada benarnya, tapi kondisi itu bisa menjadi bumerang. Bayangkan pendapatan saya sangat bergantung dengan aktivitas saya tanpa terima gaji yang tetap tiap bulan. Karena itu saya butuh sesuatu untuk mengawasi tingkat produktivitas.

Makanya saya menggunakan layanan Rescue Time (Ini bukan posting iklan koq :D). Jadi ketika mendaftar kita akan ditanya mengenai bidang pekerjaan kita. Aktivitas apa yang membantu produktivitas kita (misalnya desain, menulis, networking, dll). Nah setelahnya kita akan diminta mendownload sebuah aplikasi.

Nantinya aplikasi inilah yang akan memantau semua aktivitas kita lewat komputer. Dia akan memberikan laporan situs apa saja yang kita buka, aplikasi apa saja yang menyita banyak waktu kita. Bahkan jika kita meninggalkan komputer dalam keadaan idle, kemudian kita kembali lagi si aplikasi akan mengajukan pertanyaan. Kita dikasih pilihan jawaban mulai dari meeting, menjawab telfon, atau jawaban kita sendiri. Jawaban ini wajib kita berikan karena popupnya tampil dan tidak bisa ditutup. Jadi pipis ke kamar mandi atau leyeh-leyeh sebentar pun wajib kita laporkan.

Laporannya sendiri bisa kita akses dalam bentuk laporan harian, mingguan atau bulanan. Saya sendiri hingga sekarang belum bisa mencapai tahap efisien. Tanpa saya sadari selama 24 jam walapun sebagian besar dihabiskan di depan komputer tapi terlalu banyak waktu saya habiskan untuk hal-hal yang tidak berkaitan dengan produktivitas (untuk ukuran saya setelah mengisi formulir di awal pendaftaran dulu).

Ini contoh report yang disajikan tentang efisiensi. Dan seperti bisa dilihat efisiensi kerja saya masih minus.

efisiensi

Sementara untuk urusan produktivitas saya juga masih menunjukan skema ke bawah. :D

produktivitas

Dan ini report kategori aktivitas saya berdasarkan jam. Social Networking dilaporkan memakan banyak waktu. Sayangnya ketika mengisi formulir, saya menkategorikan FB, twitter dan kawan-kawannya ke dalam aktivitas yang tidak produktif.

kategori aktivitas

Dan masih banyak laporan lain yang lebih detail. Saya gak tampilin semua yah, khan saya bukan public figure yang harus mengumbar privacy-nya toh. :D

Nah, layanan ini sangat berguna untuk mereka yang berusaha sendirian di rumah. Atau bisa juga untuk digunakan untuk perusahaan yang butuh pengawasan terhadap karyawannya. Tinggal pegang login dashboardnya, yang berwenang bisa mencermati. Jadi dimana pun si karyawan, perusahaan (bosnya) bisa mengawasi aktivitas anak buahnya. Bahkan jika pekerjanya di minta bekerja secara remote alias tidak perlu ke kantor.

Mau tahu kemampuan super layanan ini yang membuatnya jadi unggulan? Aplikasinya mampu mematikan akses ke situs atau software yang dianggap telah mengganggu efisiensi dan produktivitas anda. Jadi dia akan menjaga kita tetap fokus pada pekerjaan!

PS: posting ini terinspirasi dari postingan KW! Bukan soal yang keong racun, tapi posting sebelumnya soal kerja di rumah :D


TAGS


-

Author

Search

Recent Post