Mau baca posting ini? Bayar dulu dong!

4 Jan 2011

Coba bayangkan gimana rasanya jika orang lain rela membayar sejumlah uang hanya untuk membaca posting di blog kita. Memangnya bisa? Bisa dounk, ini yang biasa dikenal dengan freemium.

Layanan macam begini sudah lumayan populer untuk situs-situs services di luar sana. Dan bukan Cuma situs biasa saja, karena bentuk blog pun banyak yang menerapkan konsep ini dan berhasil. Biasanya dalam situs atau blog itu akan ada content yang menarik sebagai menu pembuka, dan disamping itu di sediakan pula konten versi berbayar.

Contoh paling baru adalah miliknya Kevin Rose founder Digg.com itu. Ia meluncurkan layanan bernama foundation, dimana orang membayar $3,99 untuk berlangganan postingnya.

Sebetulnya apa yang membuat orang rela membayar untuk sekedar membaca blog atau menonton video blog orang lain itu?

Extremely Unique Content
Content atau posting dari blog berbayar itu benar-benar unik dan beda dari yang lainnya. Meskipun informasi di era internet ini dianggap sudah sangat terbuka, namun masih ada hal-hal tertentu yang belum banyak tereskpose oleh internet. Postingan-postingan macam beginilah yang membuat orang rela membayar hanya untuk sekedar membaca.

Akses yang lebih mudah
ah, info kayak gitu khan banyak di internet tinggal search ketemu, ngapain bayar? Percaya atau tidak walaupun informasi yang diungkap banyak bertebaran di internet tapi beberapa orang memilih untuk membayar karena perkara kemudahan akses. Mereka tidak perlu search sana dan sini cukup duduk manis menerima informasi dari satu tempat.

Masa sih ada orang yang begitu? Ini bisa dianalogikan dengan contoh berikut. Group Band Naif pernah membagikan CD mereka secara gratis, but you know what? Tetep banyak loh orang yang BELI bajakan album GRATIS ini di mangga dua sana! Kenapa? Karena tidak semua tau harus kemana jika ingin mendapatkan CD gratis tadi, tapi begitu main ke mangga dua CD ini dipajang paling depan. Ini masalah kemudahan akses!

Point of view yang menarik
Mungkin informasi yang sama banyak beredar. Tapi siapa yang menulis di belakangnya menjadi penting. Cara pandang, gaya bercerita si blogger bisa jadi daya tarik hingga orang rela membayar untuk membaca sudut pandangnya. Coba saja jika kamu seorang penulis Cerpen atau Cerber yang banyak penggemarnya. Kamu menulis Cerpen lewat posting-posting di blog. Kemudian menyediakan layanan premium yang isinya adalah Alternatif ending dari Cerpen-cerpen kamu yang bisa dibaca gratis.

Misalnya sebuah cerita romance, di posting versi gratis si cewek dan cowok bahagia, sementara di versi berbayar salah satunya mati. Pasti deh ada orang yang tertarik membayar untuk membaca ending versi premium. Tentunya dengan catatan tulisan dan cara pandang kamu harus menarik!

Full service
Metode ini bisa diterapkan pada blog yang bersifat tutorial. Jadi ada posting versi gratisan yang memuat artikel-artikel tutorial secara umum. Dan ada versi berbayarnya yang menyediakan layanan full service, setiap pertanyaan di comment di berikan penjabaran detail, ada pelatihan dan sebagainya.

Gimana tertarik untuk membuat blog sejenis? Gak perlu jadi Kevin Rose koq untuk bikin blog model begini. Saya sendiri punya beberapa blog jenis ini! Bahkan yang untuk market Indonesia pun saya punya. Dalam blog itu orang harus membayar per bulan untuk bisa membaca isi posting saya. Dan untuk blog ini saya sudah punya beberapa pelanggan tetap yang rela mengantri dan membayar menunggu postingan! Blognya apa? Ini saya ceritakan di posting saya yang ini (klik disini)! Loh koq di protect password? Penasaran mau tahu apa alamat blognya? Bayar dulu dounk, baru saya kasih passwordnya! :D

PS: Hmmmm…harga 100 ribu untuk password posting yang diprotect itu kemahalan gak yah?

Update: Sering kali langkah freemium ini diambil blogger tertentu untuk membuat blognya bebas iklan dan membuat blognya tetap nyaman bagi pengunjung baik yang bayar maupun yang membaca gratis. Rasanya ini jauh lebih bijaksana dibanding blog yang artikelnya gratis tapi sidebar kanan, kiri, atas, bawah, pop up, link dan lain sebagainya isinya iklan semua dan menggaggu pandangan serta kenyamanan membaca.


TAGS


-

Author

Search

Recent Post