Pelajaran dari javahostindo web hosting indonesia

18 Mar 2011

Sudah sebulan kontes javahostindo web hosting indonesia berlangsung. Ada hal penting yang bisa kita pelajari dari hasil sebulan ini. Salah satunya adalah gambaran bahwa ikut berlomba kontes SEO tidak sama dengan mengoptimasi blog atau web beneran.

Lah apa bedanya? Jadi untuk kontes macam yang diadakan javahostindo itu kita bisa mengibaratkannya seperti lari sprint jarak dekat. Apalagi dalam hal ini perusahaan web hosting asal Indonesia itu mengadakannya dalam waktu singkat hanya satu bulan. Sementara ketika mengoptimasi blog atau web di luar kontes, sesungguhnya kita sedang ikut lari marathon.

Masih bingung? Baiklah coba lihat hasil SERP terbaik blog ini di kontes javahostindo web hosting indonesia.

hosting indonesia

hosting indonesia

Yup blog ini sempat mampir di posisi dua! Sekarang ada dimana? Sangat jauh mental hingga halaman ke enam. Kenapa bisa begitu? Okay pertama ada kendala teknis, blogdetik sempat bermasalah dengan web hostingnya sehingga bisa lama. Dan sejak perubahan algoritma beberapa waktu lalu, kecepatan akses sebuah web site juga menentukan posisinya di SERP.

Kedua saya tidak terbiasa mengoptimasi halaman untuk ikut dalam sebuah lomba. Saya sendiri memang sangat jarang ikut lomba SEO begini. Biasanya seneng mengamati saja. Kenapa demikian? Karena pola yang dikerjakan saya dalam mengoptimasi halaman tidak cocok untuk diikutkan lomba. Alias bakalan kalah melulu.

Kenapa demikian? Jadi saya pernah ungkapkan di blog ini bahwa salah satu yang menentukan posisi kita di SERP adalah jumlah backlink, kualitas halaman pemberi linknya hingga anchor textnya harus tepat. Ketika kita sedang mengoptimasi sebuah halaman kita tidak bisa memberikan backlink sana sini secara serampangan. Kenapa demikian? Karena google akan mempinalti blog atau website kita jika kita tertangkap mempermainkan algoritma mereka secara tidak natural.

Itu kenapa saya selalu berhati-hati menyebar link. Perhari ada batasannya, di website yang bagaimana, caranya bagaimana, bentuk sekmanya bagaimana (nanti kapan-kapan kalau sempat saya bahas skema ini). Niatnya tidak lain adalah untuk tampil paling atas secara natural (atau setidaknya mendekati natural) sekaligus menghindari pinalti google.

Nah cara macam begini jelas gak cocok untuk sebuah lomba macam javahostindo web hosting indonesia. Sebab yang dicari adalah muncul paling atas dalam jangka waktu pendek. Jadi tidak masalah jika setelahnya kita terkena pinalti. Coba deh ketik di google, menggunakan kata kunci yang dilombakan. Kemudian dari hasil SERP-nya, check di backlinkwatch[dot]com berapa banyak backlink yang dimiliki peserta tersebut.

Jangan kaget, ada yang 300 (dengan anchortext javahostindo web hosting indonesia semua), ada yang 700, 1300, bahkan sampai 2000 backlink. Luar biasa bukan? Bagaimana dengan blog ini? Sorry to say baru 16 backlink. Gak heran kalau kemudian posisinya mental ke halaman enam.

Mungkin saya harus menyesuaikan ritme kalau mau ikut lomba sejenisjavahostindo web hosting indonesiadi kemudian waktu. Saya harus siap tebar komen di berbagai blog serentak, pasang profil di forum, kalau perlu pakai script untuk menunjang ini. Tapi ya saat ini memang saya belum bisa demikian


TAGS Javahostindo Web Hosting Indonesia


-

Author

Search

Recent Post