Kalau mau bikin tulisan copyright!

23 Mar 2011

Mumpung lagi pada rame ngomongin copyright, saya mau nebeng bikin tutorialnya (padahal gak ada hubungannya dengan kasus yang lagi rame). Anyway, coba deh temen-temen copy isi postingan ini. Terus paste ke mana saja, word, notepad atau form untuk new posting di wordpress. Sudah? Perhatikan di bagian bawah posting saya yang di copy itu, pasti tertera tulisan macam begini:

Copyright Kalau mau bikin tulisan copyright! | Suami malas http://…..

Tulisan itu akan muncul jika postingan saya yang manapun di copy oleh orang lain. Jadi kita gak perlu repot lagi mengingatkan orang untuk menyertakan sumbernya jika tulisan kita di copy paste. Khan udah otomatis muncul.

Terus gimana bikinnya? Gampang, kunjungi tynt.com. Bikin account disana. Kemudian di bagian setup klik cuztomize Attribution.

customize-tynt

Ini setting yang saya gunakan. Temen-temen bisa mengubah sesuai keinginan.

copyright-tynt

Setelah klik save, copy script dari kotak yang disediakan.

script-tynt

Buka halaman dashboard blog kita, kemudian bagian appearance, widgets, pilih text dan masukan scriptnya. Selesai!

Tapi bukannya tulisan copyright itu bisa dihapus jika orang niat untuk copy tulisan kita tanpa ijin? Jelas bisa! Kendati demikian dengan disertakan secara otomatis begitu, kita jadi tahu kalau ada orang yang copy tulisan kita tanpa ada tulisan sumbernya, berarti dia sudah menghilangkannya dengan sengaja.


TAGS


-

Author

Search

Recent Post