Posting seharga 1 juta rupiah itu

7 Apr 2011

Sejak saya memutuskan untuk cari uang online, saya tidak pernah menggunakan layanan lokal. Kalau hanya sekedar daftar saya memang beberapa kali mencobanya. Mulai dari Pay per click, afiliasi sampai program pay per post. Tapi tidak ada yang berhasil menarik minat saya untuk menekuninya.

Penyebabnya lebih karena kualitas. Pertama kualitas pembayarannya. Ambil contoh sebuah layanan pay per post lokal, pernah menawarkan job review senilai 10 ribu bahkan ada yang 5 ribu rupiah. Wew, bukannya bermaksud sombong, tapi jelas nilai ini jauh di bawah standar luar negeri yang minimal memberikan job 10 100 dollar.

Belum lagi dilihat dari kualitas advertiser alias pengiklannya. Beberapa layanan lokal yang saya temui, disokong oleh pengiklan yang kurang sreg dan menurut saya gak keren kalau di taruh diblog. Mulai dari program cepet kaya, toko sulap sampai urusan obat kuat.

Persepsi ini pula yang membuat saya dulu ogah bergabung, waktu dikenalkan dengan idblognetwork.com. Pikiran saya masih sama, paling urusan seputar obat kuat pria dan saya harus mereviewnya dengan bayaran Rp10 ribu.

Lumayan loh mereka bayar kita mulai dari 750 ribu sampai 1,5 juta

Begitu awalnya kawan saya mencoba menerangkan tentang si Idblognetwork ini. Wah, jujur nilainya lumayan bikin ngiler. Nilai yang cukup besar untuk sekedar sekali posting. Saya pun mencob mengamati advertiser yang mendukung mereka. Selain pay per post layanan ini juga punya program pay per click. Iklan yang muncul mulai dari handphone, program dukung komodo, sampai minuman berenergi. Jauh dari kesan iklan esek-esek seperti sebelumnya. Makanya iseng-iseng saya pun akhirnya daftar (bukan pakai blog suamimalas, tapi pakai blog yang ini).

Setelah di approve job yang dinanti akhirnya tiba. Tugasnya mereview produk kursi pijat kesehatan. Saat menerima job saya belum tahu nilainya. Semangat karena bujukan kawan yang tadi saya pun berangkat ke lokasi, nyobain tuh kursi pijat dan menuliskannya di blog.

Menanti dan menanti, hingga tanggal 5 waktunya untuk pay out. Sayangnya hingga tanggal tersebut habis saya belum juga menerima pembayaran. Sempat curiga juga jangan-jangan ada kesalahan. Tapi kemudian saya dapat informasi uang akan ditransfer keesokan harinya karena saya menggunakan bank yang berbeda.

Tepat tanggal enam saya check tabungan di siang hari. Saldo pun sudah bertambah 960 ribu. Ternyata nilai review itu 1 juta, dipotong pajak (blogger taat pajak). Mantab! Apalagi beberapa saat setelah job pertama selesai saya sudah mendapatkan job yang kedua. Nilainya pun gak kalah mentereng Rp900 ribu. Pembayarannya akan dilakukan di bulan depan.

Makanya saya rekomendasi neh, layanan yang satu ini. Patut dicoba! Kendati demikian ada beberapa hal yang patut dicermati. Pertama, antriannya naujubile! Saat ini di halaman depannya idblognetwork sudah tercatat 5277 blog yang antri mendaftar (jadi harus bersabar). Dua, job reviewnya tidak serta merta muncul di dashboard. Pengalaman saya job pertama saya dapat lewat telfon, sementara yang kedua lewat email. Kalau mau memantau sih gabung ajah sama page FB mereka, kadang peluang job review dimunculkan disana. Ketiga, beberapa advertiser mereka (tidak semua) meminta full report dari hasil kampanyenya. Mulai dari screen shoot komentar di blog, sampai total jumlah pengunjung lewat google analytics. Nah, khusus yang terakhir bisa jadi perhatian penghuni blogdetik, karena kabarnya pengukur google analytics gak jalan di blogdetik. Selamat mencoba!


TAGS idblognetwork


-

Author

Search

Recent Post