Pentingnya Pitch Blog

20 Jun 2011

Salah satu bahasan yang muncul pada acara training on sharing kemarin adalah soal pentingnya pitch dalam blog. Mungkin secara harafiah banyak yang belum paham arti pitch ini, namun sebenarnya beberapa blogger sudah menerapkannya secara benar.

Jadi pitch adalah sebuah ide gagasan yang akan jadi dasar dari pengembangan isi sebuah blog. Pitch ini akan dijabarkan dalam judul blog, deskripsi, keterangan about me hingga nantinya posting-posting blog tersebut. Ide besar harus mudah dikenali, dirasakan dan disentuh oleh orang lain. Sehingga blog tersebut akan punya nilai jual baik dimata pembaca atau advertiser nantinya.

Masih bingung? Mungkin akan lebih mudah jika kita membicarakannya dengan menggunakan contoh. Blog pertama yang waktu itu kita jadikan contoh adalah blog milik erfano. Coba bayangkan seandainya ide besar yang diusung oleh erfano untuk dijadikan title dan deskripsi blognya adalah:

Blognya erfano! atau catatan sehari-hari erfano!

Tentunya judul blog macam begini, sulit untuk punya nilai lebih. Mengingat belum banyak orang yang tau siapa erfano. Tapi coba bandingkan dengan pitch yang dipilihnya saat ini yang diturunkannya menjadi judul blognya:

Seru jadi Guru!

Rasa blognya pun langsung beda. Semua pembaca yang datang langsung menangkap ide tulisannya tentang kehidupannya menjadi guru. Dan pastinya bahasannya bukan sesuatu yang biasa saja atau menyedihkan atau melelahkan. Namun bahasannya pastinya sesuatu yang bikin adrenalin melompat-lompat alias seru!

Lihat juga contoh lain misalnya, jika sebuah blog diberi judul blognya karel anderson! atau isi pikiran atau hal lain yang sulit disentuh. Tentunya efeknya akan beda dengan blog yang dimiliki karel anderson sekarang dengan ide besar catatan ngawur. Semua langsung menangkap bahwa isinya ya memang sesuatu yang ngawur, dan blog ini memamng bukan untk mereka yang terlalu serius. Begitu juga dengan blognya Karmin Wiranata. Lihat bagaimana kuatnya picth fanabis (fun abis) dan tagline hidup yang singkat mari kita rayakan dimata pembaca blognya.

Pitch ini menjadi begitu penting, karena sering kali baik di dunia on line maupun off line kita hanya punya waktu sedikit untuk menjelaskan ide besar blog kita kepada orang lain. Ketika kopdar atau bertemu advertiser misalnya, kita hanya punya waktu sekian detik untuk menarik minat orang untuk mendalami blog kita. Dan itu bisa kita peroleh lewat pemilihan pitch yang tepat.

Tapi blog saya Cuma tulisan sederhana sehari-hari tidak ada yang istimewa, sulit mencari pitch yang mewakili tulisan saya dan menarik minat pembaca! Demikian salah satu peserta mengungkapkan dan mungkin banyak blogger berpikiran sama tentang isi tulisannya masing-masing.

Coba tengok contoh berikut. Ada seorang cewek dari jawa yang menulis tentang kehidupannya sehari-hari dan sangat biasa. Ini saya kutipkan sedikit tulisannya :

Sesungguhnya adat sopan santun kami orang Jawa amat sukar. Adikku harus merangkak, bila hendak lalu di mukaku. Kalau ada adikko duduk di kursi, apabila aku lalu, haruslah dengan segera ia turun duduk di tanah, dengan menundukkan kepala, sampai aku tiada keliahatn lagi. Tiada boleh adik-adikku berkamu dan berengkau kepadaku, hanya dengan bahasa kromo boleh dia menegurku. Tiap-tiap kalimat yang disebutnya haruslah dihabisinya dengan sembah.

Atau lihat contoh yang ini

dan kawin disini, aduh, dinamakn azab sengsara masih terlalu halus! Betapa nikah itu tiada sengsara, kalau hak semuanya bagi keperluan laki-laki saja dan tiada sedikit jua pun bagi perempuan? Kalau hak dan pengajaran keduanya bagi laki-laki semata-mata kalau semua-muanya dibolehkan dia perbuat? Cinta, apakah yang kami ketahui tentang perkara cinta itu? Betapa kami mungkin sayang akan seorang laki-laki dan seorang laki-laki kasih akan kami, kalau kami tiada berkenalan, bahkan yang seorang tiada boleh melihat yang lain? Anak gadis dan anak muda dipisahkan benar-benar

Itu adalah isi tulisannya yang menceritakan bagaimana sulitnya ia hidup ditengah adat istiadat jawa. Cerita tentang kehidupan keseharian ini ternyata digemari banyak orang dan dijadikan buku yang akhirnya dicetak berulang kali. Buku ini juga dianggap bagian dari sebuah revolusi tatanan masyarakat. Dan semua menjadi terkenal karena sebuah picth yang selalu digaungkan. Mau tau pitchnya apa?

Door Duisternis Tot Licht alias Habis Gelap Terbitlah Terang

PS: Bisa jadi isi tulisan blog kita terlalu biasa untuk diri pribadi kita tapi bukan tak mungkin akan berarti banyak untuk kehidupan orang lain macam tulisannya R.A. Kartini di atas itu. Temukan picth blogmu sekarang!


TAGS


-

Author

Search

Recent Post